Tips Sebelum Menjadi Seller E-Commerce

Di era yang serba online ini yang berubah tidak hanya dari pembeli saja melainkan juga penjual. Sekarang penjual tidak hanya memiliki toko fisik saja melainkan juga toko online yang dapat menjangkau potensi pasar lebih luas.

Adanya inovasi baru ini dapat mempermudah penjual yang dapat bekerja di situs mereka 24/7 tanpa memerlukan pembuat kode, perancang, atau tim teknologi untuk membantu mereka melalui proses tersebut. Dengan akses yang serba mudah dan cepat sehingga macam-macam pelanggan pun tercipta dan penjual harus berani menyediakan produk atau jasa yang ia miliki ke macam-macam pelanggan ini.

Untuk masuk ke dalam pasar online penjual harus memahami beberapa tips sebelum menjadi seller e-commerce seperti berikut.

1. Periksa Kebijakan Terkait Penjual dan Pembeli

Penjual perlu memahami hal-hal terkait regulasi maupun kebijakan dari platfom e-commerce. Kebijakan ini akan terkait dengan aturan yang boleh dan tidak boleh dilakukan atau cara dalam menyelesaikan suatu masalah, sehingga bisnismu dapat mempertimbangkan resiko apabila terjadi sebuah masalah dalam proses jual-beli.

2. Melakukan Riset Pasar dan Pesaing

Hal terpenting yang harus dilakukan ketika memulai bisnis e-commerce adalah menganalisis industrinya, seperti jangkauan pasar, target konsumen dan ide konsep penjualan.

Selain itu Anda perlu mengetahui bagaimana kinerja situs web yang Anda gunakan melalui berbagai metrik seperti konversi halaman arahan, media sosial, iklan, dan lain-lain. Inilah sebabnya mengapa sebelumnya harus dilakukan analisis untuk memberi wawasan yang tepat agar dapat mengubah model bisnis Anda.

3. Buat Harga yang Kompetitif

Tentukan harga yang kompetitif namun tetap memberikan Anda keuntungan. Hal ini dilatar belakangi oleh kebiasaan pembeli yang selalu melakukan pembandingan harga agar bisa mendapat harga yang cocok namun dengan kualitas barang yang baik.

Baca Juga:

4. Pelayanan Pelanggan

Berikan layanan pelanggan yang baik, termasuk respon cepat dan memberikan solusi atas masalah yang mungkin timbul. Meski masih menjadi seller baru yang belum banyak pembeli berdatangan, jangan lengah dan harus stand by dengan gadget Anda. Jadilah seller yang fast response membalas pesan dari pembeli maupun calon pembeli. Hal ini memberikan kesan yang baik di mata pembeli.

5. Aktif Meminta Ulasan dan Review

Salah satu cara untuk membuat bisnis Anda lebih terpercaya adalah dengan hadirnya feedback dan rating positif dari pembeli. Ingat, review dan rating ini bersifat sukarela, jadi jangan sampai Anda memaksa pembeli untuk memberikan rating.

6. Memilih Jasa Pengiriman

Berhubungan dengan penjualan pastinya tidak akan terlepas dari pengiriman. Setiap penjual pasti menginginkan jasa pengiriman yang amanah, terpercaya dan pastinya harga ongkir yang tidak terlalu mahal. Apalagi pengiriman yang dilakukan sampai ke luar negeri.

Memilih Dratrans untuk setiap pengiriman ke luar negeri adalah pilihan yang tepat, selain dapat menikmati harga ongkir yang murah anda juga dapat menikmati pelayanan yang sudah Dratrans sediakan. Dan Dratrans akan memastikan barang Anda aman selama perjalanan dan sampai di tangan penerima dalam kondisi yang baik.

Hubungi