Ide Bisnis Yang Cocok Untuk Gen Z

Generasi Z atau Gen Z mencuri banyak perhatian publik saat ini. Generasi yang tumbuh di era teknologi digital, memiliki peran penting dalam perubahan sosial di masa kini.

Aktivitas daring yang dilakukan tidak hanya tentang membagikan opini saja, tetapi juga membangun kesadaran dan memobilisasi tindakan terhadap isu-isu sosial. Sehingga Gen Z menggunakan media sosial sebagai paltform untuk menyuarakan pandangan mereka, menciptakan gerakan yang membawa dampak, dan memanfaatkannya untuk ajang bisnis.

Dalam artikel ini, akan membahas ide bisnis yang bisa menjadi inspirasi bagi para Gen Z untuk memulai bisnis.

Ide Bisnis Yang Bisa Di Manfaatkan Oleh Gen Z

Memulai bisnis di usia muda memerlukan keberanian dan tekad yang kuat. Selain itu, di perlukannya mencari informasi tentang peluang di bisnis yang sedang naik daun. Berikut ide bisnis untuk Gen Z.

1. Thrift Shop

Thrift shop adalah konsep bisnis yang menjual pakaian bekas layak pakai, aksesori, atau barang-barang vintage lainnya dengan harga lebih rendah. Konsep bisnis ini cocok untuk Anda yang memiliki pengetahuan tentang tren mode dan kepedulian terhadap keberlanjutan.

2. Bisnis Coffee Shop

Jika Anda adalah pencinta kopi dan gemar membuat kopi sendiri, tak ada salahnya untuk menjadikan hobi Anda sebagai peluang bisnis. Saat ini banyak orang yang cenderung menyukai tempat nongkrong yang nyaman dan instagramable. Sehingga, jika Anda akan membuka kedai, maka Anda dapat menambahkan kreativitas untuk dekorasi agar menambah kesan yang unik dan bisa menyediakan tempat untuk pertunjukan. Selain itu, Anda juga bisa menjualnya secara online.

3. Bisnis Jastip (Jasa Titip)

Bisnis jastip kini semakin populer. Mulai dari jastip barang-barang branded yang hanya bisa didapat di luar negeri, barang-barang lokal tetapi langka, hingga jastip tiket konser. Anda hanya perlu bantu membelikan barang atau kebutuhan yang diinginkan konsumen, tanpa perlu menyediakan stoknya terlebih dahulu.

4. Bisnis Camilan

Apabila Anda gemar memasak atau suka membuat camilan, tidak ada salahnya juga untuk memulai bisnis camilan. Anda bisa menjualnya secara online maupun menitipkannya di warung atau orang yang berjualan. Anda dapat memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk Anda.

5. Makeup Artist (MUA)

Jika Anda memiliki alat makeup yang cukup komplet dan memiliki hobi makeup, maka bisnis jasa makeup artist (MUA) ini patut dicoba.

6. Bisnis Dekorasi

Anda bisa manfaatkan bisnis dekorasi untuk momen seperti perayaan ulang tahun, bridal showerbaby shower, ataupun perayaan lainnya yang membutuhkan dekorasi. Tetapi untuk bisnis ini Anda harus memiliki minat dalam bidang kreatif maupun dekorasi.

7. Jasa Fotografi

Sebagai pengguna aktif media sosial Gen Z gemar berbagi momen dalam hidup mereka. Membuka jasa fotografi adalah peluang yang bagus, terutama jika Anda memiliki bakat dalam fotografi. Anda bisa melakukan promosi melalui situs web, media sosial, dan portofolio yang menarik dapat membantu Anda membangun bisnis ini.

8. Bisnis Reseller

Memulai bisnis tanpa perlu mengeluarkan modal besar adalah salah satu peluang bisnis yang bisa Anda jalankan sebagai reseller. Anda bisa menjual produk dari pihak lain dan mengambil keuntungan dari penjualan.

9. Bisnis Bucket Shop

Bisnis buket bunga sedang populer di kalangan mahasiswa. Anda bisa menawarkan beberapa buket, seperti buket bunga, uang maupun snack yang bisa disesuaikan dengan permintaan pelanggan.

10. Content Creator

Jika Anda memiliki keterampilan dalam pembuatan konten, maka bisa menjadi pertimbangan untuk Anda menjadi content creator. Anda bisa menghasilkan yang melalui iklan, sponsor atau penjualan produk.

11. Freelance

Memanfaatkan keterampilan Anda untuk bekerja sebagai freelancer. Biasanya Anda akan mendapatkan proyek dari berbagai paltform online.

12. Menjadi Mitra Ekspedisi

Meningkatnya peminat terhadap belanja online, memberikan pengaruh bagi beberapa pihak. Dan dengan banyaknya peminat belanja online tersebut, membuat beberapa produk lokal sudah mencapai pasar internasional.

Oleh karena itu, menjadi mitra ekspedisi adalah salah satu peluang usaha yang bisa dilakukan oleh Gen Z. DRATRANS memberikan peluang usaha untuk masyarakat yang ingin menjadi mitra.

Berikut adalah jenis mitra yang ada di Dratrans, yaitu:

1) Mitra Langsung

  • Support Service
    Mitra yang menggunakan logo dan content dratrans dalam menawarkan layanan sehari harinya ke seluruh pelanggan.
  • Dratrans Drop point
    Mitra ini juga terdaftar sebagai drop point dratrans.
  • Profit Sharing
    Menggunakan harga dratrans dengan skema bagi hasil.
  • Support Dasboard
    Diberikan hak akses ke akun mitra dengan otoritas untuk membuat AWB dan membuat tagihan otomatis.

2) Mitra Bebas

  • Self Service
    Mitra yang menggunakan logo dan content sendiri dalam menawarkan layanan sehari harinya ke seluruh pelanggannya.
  • Make Your Price
    Menggunakan harga sendiri dan mendapatkan harga khusus mitra dari dratrans.
  • Support Dasboard
    Diberikan hak akses ke akun mitra dengan fasilitas logo tampil langsung di setiap resi yang muncul dari system kami dan diberikan otoritas untuk membuat AWB dan membuat tagihan otomatis.
  • Integration
    Jika memiliki system sendiri dimungkingkan untuk sinkronisasi jalur API terutama untuk sistem pelacakan.

Dalam semua ide bisnis ini, kunci kesuksesan adalah pemahaman yang baik tentang target pasar, pemasaran yang efektif di platform digital, dan kualitas produk atau layanan. Selain itu, selalu penting untuk menjaga kreativitas dan inovasi agar bisnis Anda tetap relevan dan menarik bagi pelanggan masa kini. Dan ingatlah bahwa kesabaran dan ketekunan adalah kunci dalam membangun bisnis.