Kenapa Dalam Kegiatan Ekspor Tidak Bisa Menggunakan Sistem COD (Cash on Delivery)?

Bagi pelaku bisnis, mungkin sudah sering mendengar apa itu COD sebagai salah satu metode pembayaran transaksi. Namun, apa itu COD? COD sendiri merupakan singkatan dari Cash on Delivery. Artinya, pembeli atau konsumen akan melakukan pembayaran saat mereka telah menerima produk yang dibeli.

Jika melalui marketplace, sistem pembayaran seperti ini pembeli bukan membayar langsung kepada penjual, melainkan melalui perantara kurir atau jasa pengiriman yang mengirimkan barang pesanan.

Baca juga:

Tips Kirim Paket Ke Luar Negeri Dengan Aman

Apa Saja Prosedur Untuk Mengirim Paket Ke Vietnam?

JASTIP DARI INDONESIA KE LUAR NEGERI

Mengapa sistem pembayaran COD tidak di berlakukan dalam kegiatan ekspor?

Sistem COD (Cash on Delivery) umumnya tidak digunakan dalam ekspor karena beberapa alasan utama:

  1. Jarak dan Logistik: Pengiriman internasional melibatkan jarak yang jauh dan waktu pengiriman yang lebih lama serta melibatkan berbagai pihak dan proses, sehingga sulit untuk mengatur pembayaran di saat pengiriman.
  2. Risiko Pembayaran: Dalam transaksi internasional, ada risiko lebih tinggi terkait dengan pembayaran, terutama jika pembeli tidak dapat membayar setelah barang dikirim.
  3. Biaya Pengiriman: Biaya pengiriman internasional biasanya lebih tinggi dan sering kali dibayar di muka. Jika pembeli membatalkan pesanan saat barang sudah sampai, penjual bisa mengalami kerugian besar.
  4. Regulasi dan Kepabeanan: Proses ekspor melibatkan berbagai regulasi dan prosedur kepabeanan yang kompleks. Sistem COD tidak cocok karena pembayaran dan dokumen harus diselesaikan sebelum barang dikirim.
  5. Tingkat Kepercayaan: Dalam perdagangan lokal, ada kemungkinan hubungan yang lebih dekat antara penjual dan pembeli, sedangkan dalam ekspor, kepercayaan mungkin tidak terbangun dengan baik.

Karena alasan-alasan ini, metode pembayaran yang lebih aman dan terjamin, seperti transfer bank atau penggunaan platform pembayaran internasional, lebih umum digunakan dalam transaksi ekspor.

Jasa Pengiriman Ke Luar Negeri Dari Bandung

Dratrans dapat memberi solusi untuk pengiriman barang dari Bandung ke berbagai negara. Karena, setiap hari kami menerima banyak paket dari Bandung dan Jawa Barat yang akan dikirimkan ke luar negeri. Hal tersebut membuat Dratrans memiliki Top 5 Destination dalam pengiriman yaitu, Malaysia, Singapura, Taiwan, Hongkong dan Australia.

Setiap pengiriman ke negara tujuan pasti memiliki harga yang berbeda-beda tetapi jika berat barang Anda semakin besar maka harga ongkir yang akan Anda dapatkan pun akan semakin murah.